oleh

Pembukaan Gebyar Expo Wisata dan Seni Budaya Sunda Cilame Kutawaringin Kabupaten Bandung

-REGIONAL-83 views

Kabupaten Bandung, Saktimedianews.id – Kekayaan seni budaya yang ada di tanah tata sunda ini memang benar-benar tidak akan habis-habisnya bila untuk digali dan dilestarikan akan keberadaannya.

Seperti yang pada saat ini sedang digelar digelar acara dengan nama Gebyar Expo Wisata dan Budaya Seni Sunda yang diadakan di Desa Cilame kecamatan Kutawaringin Soreang Kabupaten Bandung Rabu 15 juli 2020.

Seperti yang di kutip dari Sekdes Desa yaitu Jujun menuturkan kepada Team Saktimedianews.id, bahwa perencanaan acara tersebut sebetulnya terbilang singkat yaitu dengan jangka waktu 2 minggu perencanaan, tetapi acara tersebut terbilang sukses dan bagus saat pembukaannya, terbukti antusiasme masyarakat dan pemerintah desa tersebut yang mendukung acara tersebut.Acara tersebut memang diselenggarakan oleh pemerintahan desa setempat seperti DPRD, LPMD dan karang taruna setempat yang bernama Karang Taruna Andes.Acara Gebyar Expo Wisata dan Seni Budaya Sunda ini diadakan di area tanah desa Cilame yang sebetulnya biasa dipakai untuk wisata bumi perkemahan Andes, jadi dalam hal ini penyelenggara acara tersebut sambil sekaligus memperkenalkan tempat berkemah kepada para penngunjung acara tersebut.

Ada beberapa tempat wisata didaerah tersebut yang biasa di dipakai wisata berkemah selain bumi perkemahan Andes tersebut yaitu diantaranya Puncak Kahyangan sebagai tempat berkemah juga dan tempat wisata dengan nama batu kukus yang konon dulunya batu tersebut biasa didatangi oleh para pejiarah hanya untuk ngukus atau sesaji acara ada istiadat masyarakat setempat.

Kembali ke acara tersebut,acara ini dibuka penyelengaraannya langsung oleh Camat Kutawaringin yaitu Drs. Cep Azis Sukandar M. SI dan didamping oleh jajaran pemerintahan setempat seperti Polsek, Satpol PP, Bhanbinsa, BPD, LPMD, dan para tokoh masyarakat setempat.Dalam pembukaan acara tersebut cukup baik dan berjalan lancar serta meriah, karena sambutan tersebut ada group tarian sunda khas sunda sebagai penyambut camat dan rombongannya yaitu disambut oleh Lengser dan penari latar sunda.

Sebagai Camat Kutawaringin menuturkan kebanggaannya dan cukup senang saat menghadiri acara tersebut karena bisa langsung melihat dan menikmati kesenian khas Jawa Barat khusunya seni budaya sunda yang di adakan oleh pemerintah desa dan Karang Taruna Andes.

“Saya sangat bangga dan senang bisa langsung melihat dan menyaksikan kesenian khas Jawa Barat khususnya seni sunda, terimakasih buat Pemerintah Desa Cilame dan Karang Taruna Andes yang telah menyelenggarakan acara ini, kita harus melestarikan dan ngamumule budaya kita,” ungkapnya.

Cara Gebyar Expo Wisata dan Seni Budaya Sunda Ini diadakan sampai dengan tanggal 31 Juli 2020.Acara ini disuguhkan untuk masyarakat Cilame dan sekitarnya, mereka akan melihat langsung acara tersebut. Dan diakhir acara akan ditampilkan tokoh seni sunda yang sudah ternama untuk memeriahkan acara tersebut.

Jurnalis : Usep Saktimedianews.id

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed