oleh

Murid Sekolah Terkendala Gadget Dan Sinyal, di Ciamis Ada GULING

Ciamis, Saktimedianews.id – Pembelajaran secara Daring atau belajar menggunakan fasilitas gawai menjadi cara efektif dalam pelaksanaan kegiatan belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

Selain Daring bagi para murid yang dengan keterbatasan gawai serta jaringan/sinyal internet atau di wilayah sulit terjangkau jaringan internet maka kegiatan belajar mengajar dilaksanakan secara Guru Keliling (Guling).

Kadisdik Ciamis, Dr. H Tatang mengatakan, sesuai dengan Keputusan no 4 tahun 2020, bahwa pelaksanaan pembelajaran masih tetap dilaksanakan di rumah.

“Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis membuka dan menginformasikan kepada Kepala Sekolah serta Guru agar tetap belajar dirumah dengan menggunakan pembelajaran jarak jauh (Daring) atau During (diluar jaringan). Boleh pakai modul atau pakai lembar kerja, atau dengan kegiatan lainnya seperti mobile teacher istilahnya huru keliling,” ungkap Kadisdik di ruangkerjanya, Kamis 30 Juli 2020.

Lanjutnya, ketika ada kendala terkait peserta didik tidak mempunyai alat komunikasi atau gawai, maka guru melaksanakan kegiatan berkeliling ke rumah rumah peserta didik.

Kegiatan Guru keliling (Guling) tersebut membantu kegiatan belajar di daerah yang tidak terjangkau jaringan internet yaitu wilayah Tambaksari, Banjaranyar atau Daerah-Daerah pegunungan lainnya.

“Kondisi seperti itu bukan menyurutkan terhentinya peroses belajar mengajar. Kita berinovasi menerapkan metoda guru keliling (guling),” ujar H Tatang.

Terkait belajar tatap muka, ujarnya Disdik Ciamis belum menerima informasi berbentuk surat edaran terkait Daerah Daerah mana saja yang sudah ditetapkan.

“Kalau daerah yang ditetapkan untuk belajar tatap muka sudah ada, Insya Alloh akan kami persiapkan dengan mengacu pada protokol kesehatan,” terangnya.

Jurnalis :Dodi Susandi, Gani/Ciamis (awk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed