oleh

Patuha Pinusland, Tempat Wisata Alam yang Dikelola Pokdarwis  RW 05 Kampung Cibodas Desa Alamendah

-PELESIR-217 views

Kabupaten Bandung, Saktimedianews.id – Suatu terobosan baru bagi Karang Taruna unit RW. 05 Cibodas Desa Alam endah yang membentuk POKDARWIS dan berinisiatif mengambil keputusan untuk mengelola dan membangun obyek Wisata alam bertajuk kembali ke alam dengan mempersembahkan Camping Ground, Selfie Spot dan Jungle Game di Area hutan pinus.

Terletak di wilayah geografis hutan Desa Alamendah Kecamatan Rancabali jalur lintasan Ciwidey – Patuha menyuguhkan hutan alam milik Perhutani di ketinggian sekitar 1200 Mdpl. Dengan suasana hutan pinus yang indah dengan kicauan burung-burung bersahutan menambah kealamian lokasi wisata Patuha Pinusland tersebut.

Pokdarwis RW. 05 Cibodas melalui LMDH (Lembaga Masyarakat Daerah Hutan) Desa Alamendah Kecamatan Rancabali membuat Perjanjian Kerjasama (PKS) dengan pihak Perhutani KPH Bandung Selatan untuk pengelolaan lahan hutan miliknya sebagai tempat pariwisata alam.

“Pokdarwis (Kelompok Sadar Wisata) RW 05 Cibodas melakukan pemberdayaan pemuda yang ada di RW 05 Cibodas agar turut serta menjadi pelaku usaha pariwisata, bukan hanya menjadi penonton dengan geliat wisata yang ada di wilayah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung,” ucap Nandang selaku ketua Pokdarwis sekaligus pengelola Patuha Pinus Land

“Keberadaan Pokdarwis ini sejalan dengan apa yang di cita-citakan oleh Kepala Desa Alamendah, H. Awan Rukmawan, yang menginginkan warganya untuk menjadi SUBJEK bukan sebagai OBJEK dari keberadaan kegiatan pariwisata di wilayahnya,” sambung Nandang.Sekitar kurang lebih 10KM menempuh perjalanan dari jalan utama menuju jalur Ciwidey – Patuha dan 10KM sebelum Lokasi perusahaan sumur gas milik BUMN (PT. Geodipa Energi) Patuha pinusland belum menjadi tempat tujuan wisata unggulan seperti yang sudah dikenal masyarakat karena baru dibuka sekitar bulan Maret 2020 kemarin.

“Malah kita sempat tutup juga selama 3 bulan lebih karena adanya masa pandemi Covid-19, dan sekarang baru buka kembali sejak 2 minggu lalu, dengan tetap mengikuti protokoler kesehatan,” kata H. Aat Safulloh sebagai salah seorang penjaga wana wisata tersebut.

Hisyam salah satu warga RW. 05 Cibodas yang juga sekretaris BUMDes Alenda menambahkan,  “Patuha Pinusland tinggal menambah sarana dan prasarana, seperti membuat wisata edukasi dengan Konsep “NGOPI DI KEBUN KOPI” yang artinya membuat semacam kedai kopi dengan konsep Open Bar dimana pengunjung dapat melihat dari awal proses pengolahan kopi, dari mulai memetik biji kopi dari pohonnya hingga proses pengolahan & berakhir menjadi secangkir kopi yang Nikmat, Nah itu saya rasa belum ada di wilayah kabupaten Bandung,” ungkapnya.

Jurnalis : Toni S /Kab. Bandung (awk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed