oleh

Green Qurban By Darussalam Kampung warung Desa Margamulya Kecamatan Pasirjambu

-REGIONAL-164 views

Kabupaten Bandung, Saktimedianewsid – Kaum Muslimin di seluruh Dunia merayakan hari raya Idul Adha 1441 H secara merata, meskipun sedang dilanda pandemi Covid-19, namun rangkaian shalat Idul Adha dan penyembelihan hewan Qurban juga dilangsungkan secara meriah.

Pemandangan serupa dapat disaksikan di Kampung Warung RW 06 Desa Margamulya Kecamatan Pasirjambu.

Sejumlah takmir Masjid Darussalam dan koordinator Desa yang berasal dari Gerakan Pemuda ANSOR BANSER Kecamatan Pasirjambu terlihat antusias menyelenggarakan Green Qurban yang ketiga kalinya dengan mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak dan selalu mencuci tangan pakai sabun.

Kegiatan green Qurban tersebut dihadiri oleh Kapolsek Pasirjambu Kompol Asep Dadi. Sip beserta jajarannya, Camat Pasirjambu yang diwakili oleh kasi Sosbud Usep, MUI Pasirjambu H. Encep Sulaeman, Kepala Desa Margamulya Dede Odih dan segenap warga masyarakat turut hadir pula serta membantu mengemas dan memasukan daging Qurban kedalam besek bambu.

Ada yang unik dalam pengemasan daging Qurban tersebut biasanya pakai kantong keresek tetapi daging Qurban disini dikemas dan dimasukan ke dalam besek bambu.Pimpinan Mesjid dan Pesantren Darussalam Ustadz A. Acep Hilman Miftahulrozak kepada Saktimedianews mengatakan bahwa, “Kegiatan penyembelihan hewan Qurban hari ini adalah yang ketiga kalinya, yang pertama green Qurban diselenggarakan setelah shalat Idul Adha dagingnya untuk dibagikan kepada warga masyarakat RW 06 disekitaran Mesjid Darussalam,” Sabtu, (1/8/2020)

“Kemudian hari ini dilaksanakan juga penyembelihan hewan qurban kembali sebanyak 3 ekor sapi, terdiri dari 2 sapi Limushin dan 1 sapi Simental. Ke-3 sapi ini dikurbankan oleh para dermawan; pengusaha, akademisi, dan perusahaan yang merupakan jama’ah Darussalam untuk disalurkan kepada 1912 KK yang berasal dari 8 desa di Kecamatan Pasirjambu Kabupaten Bandung,” ungkap A Acep Hilman Miftahulrozak yang menjabat sebagai Ketua BP Ansor Kabupaten Bandung.

Lebih lanjut Acep menambahkan daging Qurban tersebut dikemas dan dimasukan kedalam besek bambu, Selain ramah lingkungan, juga turut serta memajukan usaha kecil masyarakat,” jelasnya.

Sedangkan Gerakan Pemuda ANSOR BANSER Kecamatan Pasirjambu dengan penuh semangat membantu mengamankan proses penyembelihan hewan Qurban. Mereka tampak sigap mengawal pendaftaran, menempatkan hewan Qurban, hingga membagikan daging kepada yang berhak menerima.

Sekretaris Gerakan Pemuda ANSOR BANSER Kecamatan Pasirjambu Azis Ahmad mengatakan bahwa, “Pembagian daging Qurban ini sebelumnya didata dulu melalui Ketua RW nya masing-masing di ke-8 desa tersebut sebelum disalurkan kepada yang berhaknya, lalu dataan tersebut disesuaikan dengan jumlah daging kurban yang akan disalurkan,” tegasnya.

Untuk penyaluran daging Qurban tersebut setiap Ketua RW kami panggil sebagai perwakilan warganya untuk menghindari kerumunan.

Harapanya, Ansor dan Banser selalu menjadi garda terdepan dalam mengawal beragam kegiatan yang berhubungan dengan kegiatan sosial dan keummatan,“Hal ini demi kebersamaan atau sinergi agar hidup semakin bermakna,” ungkapnya.

Sementara salah satu Ketua RW 09 Sindang layung Desa Mekarmaju Alo Rohman menuturkan, “Jumlah KK yang berada di lingkungan kami sebanyak 150 KK, tetapi yang kami ajukan sebanyak 85 KK yang lebih prioritas membutuhkannya,” ungkapnya.

“Kami sangat bersyukur Alhamdulillah karena baru kali ini warga kami mendapatkan daging Qurban tersebut, semoga saja untuk tahun berikutnya ada lagi pembagian daging qurban seperti ini,” pungkasnya.

Jurnalis  : Hamdan & Dwi Y Kab Bdg (Awk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed