oleh

Rencana Pemkot Bandung Membangun Kawasan Objek Wisata Dengan Merevitalisasi Lahan Eks Palaguna Alun-Alun Bandung

-REGIONAL-79 views

Bandung, Saktimedianews.id

Rencana revitalisasi lahan eks Palaguna yang terletak di wilayah Alun-Alun Bandung, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana mengubah lahan tersebut menjadikan kawasan objek wisata.

Menurut pemaparan Gunawan (63) salah satu ahli waris lahan yang berdampingan dengan lahan eks Palaguna, terdapat situs Sumur Bandung yang memiliki nilai sejarah sangat tinggi. Sumur tersebut merupakan salah satu cikal bakal berdirinya Kota Bandung.

Gunawan mengungkapkan, “Kita sangat mendukung terhadap rencana dibangunnya objek wisata di lahan eks palaguna termasuk lahan yang kami miliki sebagai bentuk dukungan terhadap pemerintah Kota Bandung” ungkap Gunawan (63) kepada Saktimedianews.id.Lahan Tanah yang berdampingan dengan tanah eks Palaguna adalah tanah keluarga (PT. Bale Bandung) dengan luas 2224 M2 yang didalamnya terdapat salah satu Sumur Bandung. Ini merupakan lahan bersejarah yang notabene menjadi icon nya sejarah Bandung dan sampai saat ini sumur tersebut masih bermanfaan bagi masyarakat bandung khususnya
bagi warga sekitar.

Adapun rencana revitalisasi lahan tersebut, pihak Pemkot Bandung akan berkoordinasi dengan PT. Jaswita Jabar dan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Bandung yang nantinya akan berinovasi membangun wisata di ruang terbuka salah satunya sumur tersebut.

“Pemkot Bandung dan pihak terkait akan mengaktivasi tujuan wisata outdoor,” tutur Gunawan.

Berbicara sejarah, sumur tersebut dibuat oleh tancapan nyere (lidi) R. A. A Wiranatakusumah II saat beristirahat dalam perjalanan Subang menuju Dayehkolot untuk mencari ibukota baru pada tahun 1811an.

Sejarah berkata, Kota Bandung mempunyai tujuh Sumur Bandung, yakni di bank tertua di Kota Bandung atau kini sudah menjadi Bank Mandiri, Masjid Cipaganti, Gedung PLN Cikapundung, Gedung Eks Palaguna.

Sedangkan dua sumur lainnya berada dilahan De Vries dan Gedung De Zon yang telah dibongkar dan tidak diketahui nasib keberadaan sumur tersebut.

“Mudah mudahan lahan kami yang berdampingan dengan lahan eks palaguna, bisa masuk dalam rencana objek wisata yang diagendakan Pemerintah Kota Bandung dengan harga yang sesuai” pungkas Gunawan.

Jurnalis : Gem/Oha (awk)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed