oleh

 Keluhan Seorang Penjual Roti Bakar, di Masa Pandemi Covid-19

-EKONOMI-105 views

Bandung, Saktimedianews.id
Mungkin karena sudah terlalu jenuh bekerja selama tiga tahun di sebuah pabrik roti yang gaji nya pas-pasan, akhirnya Yayan (35) berinisiatif untuk membuka usaha sendiri berjualan roti bakar di gerobak yang mangkal di sekitaran jalan Gunung Batu – Cimindi Sukaraja.

Dengan berbekalkan modal dari hasil kerjanya selama tiga tahun di pabrik roti, Yayan mencoba mulai membuka usaha sendiri dengan mengajak salah seorang teman untuk membantunya, sebut saja Adul (24) usaha yang di rintis nya sejak tahun 2015 hingga sekarang sudah berjalan lima tahun, ternyata membuahkan hasil yang cukup lumayan di bandingkan dengan gajinya selama jadi karyawan pabrik roti.

“Saya mulai jualan roti bakar dan martabak di jalan Gunung Batu sejak 2015, mulai buka sore hari dari jam 17.00 s/d 24.O0.Wib. kadang- kadang jam 23.00 saya sudah tutup karena dagangan sudah habis,” ungkapnya.

“Sebelum masa pandemi Covid-19 saya bisa menjual 100 buah roti tiap malamnya, kadang kalau lagi rame bahkan sampai 120 buah permalam. Begitu pula dengan adonan martabak nya yang saya buat 7 hingga 8 kg, ikut habis juga,” tambahnya.

“Alhamdullillah dari hasil penjual saya bisa sedikit menabung dan bisa untuk membayar uang sewa tempat saya berjualan yang sebesar 700.000 perbulan,” tuturnya.

Yayan menjual dagangannya dengan cara langsung melayani pembeli (take away) dan dengan metode order online (food online) pada sebuah aplikasi, yang mana pesanan pembeli di ambil dan diantar langsung oleh Driver Ojek Online (Ojol).

Disamping itu awak saktimedianews mewawancari penjual roti bakar/Yayan dalam hal pendapatan yang dia dapat di masa pandemi Covid 19, Yayan menjelaskan mengenai pendapatannya yang begitu menurun drastis hampir setengah dari hari normal sebelum pandemi Covid-19.

Yayan sendiri mengeluhkan dengan penjualan sekarang ini, “sekarang ini kita  cuma bisa menjual 70 buah roti dan adonan martabak pun hanya 5 kg saja,” keluhnya.

“Saya begitu berharap akan cepatnya berlalu wabah pandemi Covid-19 ini, karena benar-benar berpengaruh besar pada pedapatannya dan juga perekonomian kita semua,” pungkas Bapak 2 orang anak ini.

Jurnalis : Agus/Kota Bandung.
Editor. : Ask

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed