oleh

Komentar Kepala Desa Sukamulya Akos Koswara Saat Menyaksikan Lomba Liwet Kampung Cisalak

-NASIONAL-164 views

Tasikmalaya Saktimedianewa.id,-
Rabu (28/10/2020) Perlombaan membuat nasi liwet di hari milangkala Ikata Muda Mudi Cisalak (IMMC)dan Sumpah Pemuda, warga Kampung Cisalak Rt 03, Rw 05, Desa Sukamulya, Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya diacungi jempol oleh Kepala Desa Sukamulya Kecamatan Singaparna Akos Koswara. Menurutnya kegiatan tersebut harus menjadi perlombaan rutin.

Dalam acara tersebut di hadiri oleh kepla Desa Sukamulya Akos Koswara ketua Rt 03 Kartika, Ketua Rw 05 Ismail, Ketua Pemuda Yana, ketua DKM Al-Barokah Dadang, tokoh ulama dan pendidikan Ust Asep Teguh, tokoh agama Ai Irma dan tokoh PKK Rt Enung.

Kepala Desa Sukamulya Akos Koswara mengatakan. “Kegiatan ini harus dijadikan sebuah agenda rutin seperti peringatan hari-hari besar bangsa ini, atau pas hari jadi Kabupaten Tasikmalaya, memang masakan khas sunda ini harus menjadi ikon masyarakat Tasikmalaya,” ucap Akos.

Akos menilai perlombaan ngaliwet harus menjadi budaya kuliner sehingga masyarakat luar mengetahui bahwa nasi liwet yang disediakan oleh rumah makan diperkotaan cikal bakalnya adalah masakan dari perkampungan.

“Masakan daerah tidak kalah dengan perkotaan, oleh sebab itu liwet harus dipromosikan lebih jauh apalagi sekarang sudah berlakunya MEA, segala sesuatunya harus menonjolkan khas atau ciri daerah dari mulai kerajinan hingga masakan,” kata Akos

Akos pun menegaskan dalam penyajian nasi liwet sebenarnya sangat mengandung arti akan kebersamaan antara sesama, karena biasanya disajikan dalam selembar daun pisang dan disantap bersama.

“Indonesia memang surga, bila para pemimpinnya dan masyarakatnya saling bekerjasama, saya yakin bangsa ini akan maju serta tetap dihargai sebagai bangsa yang banyak budaya dengan beraneka ragam sukunya yang tetap menjungjung tinggi Pancasila,” tegasnya.

Jurnalis : Joko, dudi – kab tasik
Editor : asef

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed