oleh

Di Hadapan Tim Pemeriksa ASN PUPRP Kab. Ciamis Mengakui Ijazahnya Palsu

Ciamis, Saktimedianews.id,-
Dalam menyikapi dan menindak lanjuti mengenai Aparatur Sipil Negara ( ASN) pada Dinas PUPRP Kabupaten Ciamis yang diduga menggunakan Ijazah palsu.

Sekretaris BKPSDM Iyus Sunardi, S.AP, angkat bicara kepada Saktimedianews saat di temui di ruangan kepala BKPSDM
Rabu, 23 Desember 2020.

Mengenai hal tersebut,
Sekretaris BKPSDM Iyus Sunardi mengatakan bahwa sesuai pemberitaan Saktimedia mengenai ASN Kabupaten Ciamis menggunakan Ijazah palsu itu benar adanya,

“Dari hasil pemeriksaan kita, dalam riksus yang melibatkan Inspektorat juga serta validasi data dari Korwil Pendidikan Wilayah X111 menerangkan bahwa yang bersangkutan tidak memiliki Ijazah, itu jelas sudah terbukti, maka istilahnya kita tidak menunggu lama, ya sudah kita berhentikan saja,” papar Iyus.

“Kalo aturan yang dulu, aturannya hanya berbekal Rekomendasi dari Dinas dimana dia bekerja, yang menerangkan bahwa yang bersangkutan benar – benar telah melakukan honorer dan melampirkan persyaratan Ijazah di legalisir tanpa memperlihatkan yang aslinya, berbeda dengan sekarang, mulai sekitar tahun 2019 bahwa persyaratan harus memperlihatkan Ijazah yang aslinya, tambah Sekban BKPSDM.

Masih mengenai AK seorang ASN PUPRP yang menggunakan Ijazah palsu di ruang Bidang Pengadaan, Pemberhentian dan Informasi pegawai, Iyus yang didampingi para Kabid terkait memperlihatkan laporan hasil pemeriksaan serta SK Bupati Ciamis tentang pemberhentian secara hormat atas nama Agus Kusman, S. I.P.

Berdasarkan surat Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ciamis nomor 800 /240.1 /BKPSDM /2020 tanggal 2 November 2020 tim pemeriksa melakukan pemeriksaan terhadap:

– NAMA : Agus Kusman, S. I.P
– NIP : 19670712 200604 1 008
– Pangkat, Golongan /ruang penata, 111/c
– Jabatan : Pengelola Kepegawaian
– Unit kerja : Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis.

PNS tersebut diduga Sesuai dengan informasi salah satunya dari awak Media telah melakukan pelanggaran pada saat pemberkasan CPNS tahun 2006, yaitu dengan menggunakan Ijazah palsu.

Dari hasil pemeriksaan terungkap :
1, Saudara Agus Kusman S.I.P, benar dan mengakui bahwa Ijazah yang digunakan untuk pemberkasan CPNS tahun 2006 merupakan milik dari adik iparnya yang bernama “Ira” namun sebelumnya telah terjadi kesepakatan

2.Saudara Agus Kusman menyatakan, bahwa perbuatannya didorong atas informasi bahwa pada saat itu Ijazahnya harus linier karena penempatannya di Bagian Teknis

3.Saudara Agus Kusman mengungkapkan, bahwa terungkapnya hal ini ke Media dikarenakan awalnya adanya perselisihan antara keluarganya dengan keluarga adik iparnya yang bernama “Ira”

4, Saudara Agus Kusman mengungkapkan siap diproses sesuai dengan peraturan Kepegawaian dan akan mempertanggung jawabkan apa yang telah diperbuat.

Laporan hasil pemeriksaan tersebut, ditanda tangani Agus kusman, S.I.P, selaku pemalsu Ijazah juga oleh semua tim pemeriksa yang berjumlah 5 orang.

Keputusan Bupati Ciamis nomor 880 /Kpts 1071/ BKPSDM .5/2020, Tentang :
Pemberhentian dengan hormat tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil, atas nama saudara Agus Kusman
NIP : 19670712 200604 1 008
pangkat, golongan /ruang penata, 111/c. jabatan pengelola kepegawaian pada Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis

Memutuskan :
1, memberhentikan dengan hormat, tidak atas permintaan sendiri sebagai Pegawai Negeri Sipil.
kepada,
Nama : Agus Kusmana, S.I.P
NIP     : 1967 0712 2006041008 2006041008
Tempat Tanggal lahir : Ciamis 12 Juli 1967 pangkat, golongan /ruang : penata 111/c,
Jabatan : pengelola kepegawaian
Unit kerja : Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis
Terhitung mulai : 30 Desember 2020

2. Dalam hal sebelum ditetapkannya keputusan ini terdapat keputusan dan/atau tindakan yang ditetapkan dan atau dilakukan oleh PNS sebagaimana dimaksud dalam diktum KESATU yang berdampak pada aspek organisasi, kepegawaian, dan/ atau anggaran, dinyatakan tetap berlaku sepanjang dilakukan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan.

3. Apabila di kemudian hari ternyata terdapat kekeliruan dalam keputusan ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

4. ASLI keputusan Bupati ini disampaikan kepada yang bersangkutan untuk dilaksanakan sebagaimana mestinya.

Ditetapkan di Ciamis, pada tanggal 4 Desember 2020.
di paraf Bupati Ciamis,
H. Herdiat Sunarya.

Tembusan :
yang terhormat,
1, Gubernur Jawa Barat
2, Kepala Kantor BKN regional 111 Bandung
3, Inspektur Kabupaten Ciamis
4, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Ciamis
5, Kepala Badan pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Ciamis 6, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan Kabupaten Ciamis

Jurnalis : Heryadi – Ciamis
Editor : Asef

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed