oleh

Sebanyak 20 KK di Desa Linggasirna Kec. Sariwangi Mendapatkan Bantuan Rutilahu

Kab. Tasikmalaya, Saktimedianews.id,-
Sebanyak 20 Kepala Keluarga (KK) selaku warga masyarakat penerima manfaat di Desa Linggasirna Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, terima bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (Rutilahu) dari kementrian PUPR yang melalui Dinas DPUTRPP Kabupaten Tasikmalaya.

Hal tersebut disampaikan Ketua Lembaga Pemberdayaan Masyarakat (LPM) Desa Linggasirna H. Nasihin, saat dtemui awak sakti media dirumahnya, “Saya sebagai Ketua LPM,desa ini mendapat program Rutilahu tahun 2020 sebanyak 20 unit rumah,” ucap Nasihin Selasa (12/01/2021).

Saat ini lanjut Nasihin, “Pelaksanaan tahap kesatu, sebanyak 6 unit rumah dan pelaksanaan sudah hampir 80% dan sisanya 14 unit rumah baru 30%. Dan untuk besaran anggarannya sebesar Rp17,5 juta, yang berbentuk bahan matrial yang peruntukannya adalah untuk bahan bangunan seberar 16,5 juta, untuk HOK sebesar 700 ribu dan untuk biaya administrasi 300 ribu per KPM,” ucapnya.

“Adapun syarat untuk menjadi calon penerima manfaat Nasihin mengatakan CPM harus siap dengan swadaya dan harus siap menyelesaikan rumah tidak layak huni menjadi rumah layak huni jangan sampai dalam pengerjaan rutilahu ini putus ditengah jalan atau tidak kelar dalam pengerjaan nya.dikarenakan program rutilahu ini dalam pengerjaan nya harus benar benar tuntas sampai rumah tersebut layak untuk ditempati,” ujarnya.

Penerima manfaat, sambung Nasihin,adalah hasil seleksi stakeholder yang ada di desa, siapa-siapa saja masyarakat yang layak mendapatkan bantuan, karena, kata ia, ini merupakan amanah yang harus benar-benar dijalankan sebagaimana kebijakan pemerintah bahwa LPM harus bisa memberdayakan bantuan sebagaimana mestinya.

“Insya Allah anggaran dipergunakan sesuai peruntukan dan jumlahnya, kepada material atau lainnya, tidak ada uang yang digunakan bukan haknya, ini amanah untuk warga masyarakat,” tandas Nasihin.

“Saya selaku Lpm sangat berterima kasih kepada pemerintah yang telah peduli, dan memperhatikan masyarakat yang kurang mampu di tempat kami, dengan adanya bantuan program Rutilahu ini kami bisa merealisasikan kewarga yang membutuhkan bantuan tersebut,”.

Ditambahkannya, “Berharap kedepannya program seperti ini, lebih meningkatkan dukungan dan fartisipasi masyarakat terhadap program pemerintah dan semoga program rutilahu yang sudah dilakukan dapat dirasakan oleh warga di Desa Linggasirna, dan mudah- mudahan ke depannya pemerintah lebih peduli lagi karena masih banyak rumah yang tidak layak huni di desa kami,” ungkapnya.

“Karena ini merupakan suatu kepedulian pemerintah terhadap  masyarakat yang kurang mampu, yang memang selama ini sangat butuh bantuannya,” pungkasnya

Jurnalis : Nano/Kab.Tasik

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed