oleh

Pemilihan RW Rasa Pilkades

Cimahi, Saktimedianews.id,-
Minggu 17/01/2021. Wilayah RW 09 Kelurahan Utama Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi merupakan wilayah padat penduduk yang dikelilingi wilayah Industri sekitar 26 pabrik kecil dan besar ada di wilayah tersebut.

Sudah menjadi rahasia umum lingkungan sekitar pabrik merupakan lahan yang basah karena banyak hal yang bisa dimanfaatkan dari potensi yang ada salah satunya limbah industri.

Tahun 2021 ini wilayah tersebut akan mengadakan pesta demokrasi pemilihan ketua RW 09 yang sudah habis masa jabatannya,pemilihan RW ini menjadi seksi karena berbagai potensi tadi.

Jurnalis Sakti Media News berkesempatan berkunjung ke sekretariat Pemilihan RW periode tahun 2021- 2026 yang beralamat di kampung Cibodas Campaka no 46 RT 05 RW 09 Kel. Utama Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi Minggu 17/01/2021.

Ketua Panitia Hendarso didampingi Sekretaris Panitia Iyan menyampaikan bahwa proses pemilihan ketua RW ini melalui beberapa tahapan.

“Mulai tanggal 13 Januari s/d 20 Januari 2021 sudah mulai masa pendaftaran dan ini terbuka buat warga RW 09 yang berniat mencalonkan dengan syarat-syarat yang sudah ditentukan panitia, sampai dengan hari ke 5 ini sudah ada 4 bakal calon yang mengambil formulir pendaftaran yang diambil oleh tim suksesnya untuk di isi dirumah para bakal calon sekaligus kelengkapan syarat administratifnya tapi sampai saat ini dari ke 4 bakal calon tersebut belum mengembalikan formulir pendaftaran ,panitia sepakat bagi siapapun calon yang mengembalikan formulir tersebut yang pertama kali bearti mendapatkan no urut 1 dan seterusnya,” ungkap Iyan.

“Terkait anggaran yang dibutuhkan untuk pesta demokrasi ini kami sudah berhitung dari mulai sosialisasi dan pelantikan nanti untuk kebutuhan administrasi , pembuatan kartu suara dan lain lain berkisar 5,2 juta rupiah diluar makan minum, sementara saat ini dana yang masuk dari kas PJS RW sebesar 1 juta rupiah,” terangnya.

“Untuk mensiasati kekurangan dana tersebut nanti ditanggal 21 Januari 2021 kami akan adakan rapat dengan para calon untuk mencapai solusi, biasanya anggaran untuk pemilihan ketua RW ini ditanggung oleh para calon mengenai besarannya tergantung jumlah calon yang ikut, sebelumnya pernah disampaikan secara lisan mungkin dikisaran 1 – 2,5 juta percalon, tapi kalau calonnya cuman 2 orang bisa saja dibebani 4 – 5 juta /calon bahkan kalau banyak calon bisa saja hanya 500 ribu rupiah/orang ,tapi ini semua belum final baru wacana tergantung nanti berapa biaya yang diberikan dari PJS RW ke panitia baru nanti kita tentukan atas dasar kesepakatan panitia dan para calon RW,” jelasnya.

Lebih lanjut Iyan menyampaikan, “Dihari pencoblosan nanti yang jatuh pada hari Minggu tanggal 14 Februari 2021 nanti kami siapkan 4 bilik suara dan 1 kotak suara dengan jumlah total pemilih sebanyak 560 pemilih yang diambil dari masing-masing Kepala keluarga ditambah 5 orang unsur pemuda/ RT baik laki laki maupun perempuan, satu hal yang perlu dicatat apabila ada calon yang kedapatan bermain money politik pada masa kampanye dan masa tenang kami tidak segan untuk mencoretnya,” tegasnya.
Jurnalis ; Fendy Cimahi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed