oleh

STOP BERDALIH! Disiplin 3M Kita Jelek, Data Berbicara

Cimahi, Saktimedianews.id,-
Selasa, 19 Januari 2021. Bersama Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Dr. Romi Abdurakhman. Awak saktimedianews.id,- berkesempatan mewawancarai beliau.

“Saya tidak akan berbicara masalah data namun apa yang bisa kita ambil berdasarkan kasus-kasus. Jadi yang pertama jelas bahwa Covid-19 adalah salah satu penyakit yang tidak bisa diselesaikan oleh HANYA pemerintah, namun pencegahan penularannya di –Masyarakat– cukup mudah dengan cara 3M. Masker, cuci tangan, dan jaga jarak. Tidak ada yang bisa memaksa seseorang melakukan 3M kecuali individu itu sendiri dan itu adalah kunci sederhana melawan Virus Covid-19 ini,” ungkapnya.

Dijelaskan Romi, miris sekali disaat pemerintah suatu daerah harus menindak para pelanggar dengan sanksi administrasi ataupun hukuman sosial atau fisik. Padahal hukuman dari tidak melaksanakan 3M itu adalah: harta diri kita yang paling besar yaitu –KESEHATAN & NYAWA– mungkin tidak akan langsung berdampak kepada kita, malahan kepada orang tua kita yang sudah sepuh dirumah dan sudah memiliki penyakit bawaan, kaka-adik kita, bahkan mungkin anak kita yang kondisinya sedang tidak sehat.

“Kunci sederhana dan mudah ini kenapa kok diabaikan. Sebetulnya rada aneh ketika pencegahannya mudah, murah bisa dilakukan semua orang, tetapi tidak mau dilaksanakan. Padahal konsekuensi ketidak-disiplinannya sudah bisa dilihat dimana-mana,” ujarnya.

Kasi menegaskan, tingkat kedisiplinan 3M warga Kota Cimahi jelek, mau berkilah dan berdalih apapun –data berbicara– kita penularan terus bertambah, kita berkali-kali jadi zona merah, itu adalah ciri dari betapa tidak disiplinnya kita. Mau dilawan dengan pernyataan apapun –data yang bicara– pasti 3M kita jelek.

“Saya mau sedikit mengkritisi bahwa –Garda Terdepan– untuk melawan Covid-19 ini adalah –KITA SEMUA– sedangkan tenaga kesehatan menjadi benteng terakhir setelah sudah sakit atau terlambat datang, barulah diobati Nakes. Jadi –Garda Terdepan– adalah kita semua dengan menjalankan 3M sebagai pencegahan pertama,” tutup Kasi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinkes Kota Cimahi.

Semua sadar dan penuh harap jika tahun ini dengan adanya vaksinasi didukung kedisiplinan kita dalam menerapkan 3M akan berbuah manis dimana kehidupan normal kita yang sempat terenggut oleh pandemi ini akan kembali normal seperti sediakala. Yuk semangat 3M, semua sudah lelah, semua sudah lelah. Semoga Allah dapat segera mengangkat pandemi ini secepatnya di tahun ini. Amin Yaa Rabbal Alamin.

Jurnalis : Dikky Meigaluh, S.Pd.,

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed