oleh

Keberadaan PKL Cibeureum Langgar Perda K3

Cimahi, Saktimedianews.id,-
Selasa. 26 Januari 2021. Keberadaan para pedagang kaki lima (PKL) Cibeureum yang berjualan di trotoar yang menjajakan pakaian Cimol atau jaket bekas secara aturan memang melanggar Perda K 3 keindahan Kota, Kelurahan Cibeureum merupakan kelurahan yang berbatasan langsung dengan Kota Bandung.

Pohon berbuah Jaket

Dengan adanya PKL tersebut secara langsung menjadi pemandangan yang tidak sedap dipandang mata.

Hal ini disampaikan Deden Herdiana kabid Tibumtranlinmas kota Cimahi saat di temui Jurnalis Saktimedianews Selasa 26/01/2021 di Kantor SATPOL PP Kota Cimahi.

Diakuinya, “Hampir setiap hari kami mendapatkan aduan dari masyarakat, baik itu dari tokoh masyarakat, tokoh agama termasuk LSM Ormas yang mengadukan terkait keberadaan para PKL tersebut untuk ditertibkan, tapi ini kan perlu proses tidak semena-mena begitu ada laporan kemudian kami melakukan tindakan, laporan ini kami limpahkan ke GAKDA (Penegakan Perda) kemudian pihak GAKDA membuat surat teguran kepada ketua PKL, kalau kami disini TIBUM sebagai Tim Eksekusi,” terangnya.

Lebih lanjut Deden menyampaikan. “Nanti pada saat eksekusi kami akan melibatkan unsur TNI dan POLRI juga masyarakat dan LSM ORMAS yang sudah siap membantu kami,” ungkapnya.

Sukid Ketua RW 20 Kelurahan Cibeureum

Sementara Ketua RW 20 Kelurahan Cibeureum yang juga Ketua LPM Sukid menyampaikan, bahwa keberadaan PKL tersebut ada di wilayah RW 20 Kelurahan Cibeureum Kec. Cimahi Selatan Kota Cimahi.

Menurutnya, “Surat Himbauan/Teguran untuk tidak berjualan di sepanjang jalan Trotoar di wilayahnya sudah diterima kemarin Senin 25/01/2021, nanti malam akan di fotocopy dan selanjutnya akan dibagikan kepada +- 20 orang pedagang yang yang berjualan mereka semuanya bukan warga kami tapi pendatang,” ungkapnya.

“Awalnya pedagangnya tidak banyak tapi lama-lama bertambah, selain merusak pemandangan, keberadaan para pedagang juga mengambil hak para pejalan kaki karena memang mereka berjualan di trotoar, intinya kami siap bekerjasama dengan pihak terkait dalam hal ini satpol PP untuk penertiban para PKL,” pungkasnya.

Jurnalis Saktimedianews mencoba berkomunikasi dengan beberapa pedagang yang ditemui tapi para pedagang tersebut enggan berkomentar dan terkesan menghindar dari awak media.

Jurnalis : Fendy Cimahi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed