oleh

Pilkades PAW Desa Panundaan Sukses Digelar

Kab. Bandung, Saktimedianews.id, –
Rabu, 10 Februari 2021. Setelah tertunda beberapa bulan akibat pandemi Covid-19 dan pelaksanaan Pilbup 2020, Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Antar Waktu Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey Kabupaten Bandung, akhirnya sukses digelar bertempat di Hotel Abang Jln raya Ciwidey – Rancabali km 2 no 500 Panundaan, Rabu (10/2/2021).

Setelah dilaksanakannya penghitungan suara hasilnya, Aep Suherman (60 thn) sebagai kandidat tertua berhasil meraih suara terbanyak, mengungguli 2 orang rivalnya lainnya, yakni kandidat nomor urut 2 Ali Husen dan nomor urut 3 H. Bagja Maesya Wiguna.

Disebutkan, ada 273 orang yang memiliki hak suara. Mereka merupakan perwakilan dari tiap RW sebanyak 13 orang dari jumlah 21 RW dengan persentase masing-masing RW sebanyak 3 persen dari Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilpres yang diperbarui dengan DPT Pilbup 2020.

“Berdasarkan hasil rekapltulasi penghitungan suara. Aep Suherman memperoleh 132 suara, H. Bagja Maesya Wuguna 90 suara, dan Ali Husen 48 suara,” sebut Ketua Panitia Damiyanto

Ketua Pilkades Pergantian Antar Waktu (PAW) Damiyanto Desa Panundaan Kecamatan Ciwidey saat memberikan penjelasannya saat diwawancarai oleh Saktimedianews, selepas penghitungan suara.

Damiyanto eks sekdes Desa Panundaan selaku Ketua Panitia Pilkades PAW menjelaskan bahwa Pilkades Antar Waktu digelar karena Kepala Desa Panundaan sebelumnya, Asep Ma’mun diduga tidak transparan dalam mengelola anggaran pemerintahan Desa, hal itu memicu munculnya mosi tidak percaya dari masyarakat.

Kemudian setelah lengser dari jabatannya, Kepala Desa Panundaan dijabat oleh Pjs dari pegawai kecamatan Ciwidey hampir setahun lamanya.
Sedianya, Pilkades Antar Waktu digelar pada September 2020. Namun, karena kondisi pandemi covid-19 saat itu tidak memungkinkan, akhirnya mengalami penundaan.

“Kendala kaitannya hanya karena pandemi covid-19, sehingga yang seharusnya selesai diakhir tahun 2020, sempat ada penundaan, dan baru terlaksana hari ini,” jelasnya.

Bang Yanto sebutan akrabnya berharap, apa yang telah dihasilkan dan disepakati hari ini, Kepala Desa terpilih bisa melaksanakan tugasnya sesuai dengan RPJMDes.

“Harapan kami Kepala Desa terpilih ini bisa melanjutkan tugasnya sesuai dengan rencana kerja kepala desa yang dulu sesuai dengan aturan yang tertuang dalam RPJMDes 2019 – 2023,” harapnya

Setelah selesainya Pilkades ini ucap Yanto, calon kepala desa yang belum sempat terpilih untuk memimpin Desa Panundaan ini, agar sinergi dan membantu kepada Kepala Desa PAW bersama-sama membangun Desa Panundaan disegala bidang.

“Kemenangan ini tidak dengan sendirinya tetapi dengan adanya partisipasi masyarakat yang menginginkan Desa Panundaan lebih baik lagi kedepannya, karena potensi SDM dan sumberdaya alam Desa Panundaan sangat baik,” tuturnya.

Jadwal pelaksanaan pelantikan Kades PAW terpilih tutur Yanto, untuk lebih jelasnya ditanyakan saja kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Desa Panundaan.

“Kalau untuk pelantikan belum dapat kabar, karena kewenangannya kami serahkan kepada BPD, panitia hanya melaporkan hasil dari pemungutan suara ini kepada BPD, melalui berita acara yang disepakati dan telah ditandatangani oleh calon dan para saksi,” pungkasnya.

Walaupun pelaksanaan Pilkades PAW diguyur hujan, tetapi secara keseluruhan proses musyawarah dan pemungutan suara berlangsung tertib dan lancar, dengan adanya kerjasama pihak pengamanan dari Polresta Bandung, Polsek dan Koramil Ciwidey serta Satpol Pamong Praja.

(Jurnalis : Hamdan, Heri K & Saepul A)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed