oleh

Mengurus Anak Perempuan itu Dari Buaian Sampai Pelaminan

-Otomotif-163 views

Kab. Bandung. Saktimedianews.id,-
Senin, 16 Februari 2021. Mempunyai anak itu adalah anugerah tersendiri dalam hidup.

Itu semua akan dirasakan oleh kedua pasangan dalam hidup berumah tangga.

“Barang siapa diuji dengan anak anak perempuan Kemudian ia bersikap baik kepada mereka, niscaya mereka akan menjadi penghalangnya dari neraka.”
( HR Al-Bukhori dan Muslim )

Kutipan Hadis diatas baru sedikit dari sekian banyak hadis Rasullulah yang menjelaskan keutamaan mendidik anak perempuan.

Melalui risalahnya yang berjudul Ziyadat al-Hasanat fi Tarbiyat al-Banat, Syekh Muhammad bin Ali al-Arfaj menegaskan laki-laki ataupun perempuan, anak adalah anugerah Allah SWT.

Apa pun jenis kelamin yang diberikan merupakan ketentuan-Nya. “Dia memberikan anak-anak perempuan kepada siapa yang Dia kehendaki dan memberikan anak-anak lelaki kepada siapa yang Dia kehendaki.” (QS as-Syuura [42]: 49).

Mengapa mendidik anak perempuan sedemikian penting?

Karena, menyiapkan mereka sama dengan mempersiapkan masa depan umat. Besarnya keutamaan ini bisa menjadi motivasi tersendiri bagi orang tua.

Diciptakannya anak perempuan berbeda dengan anak laki laki menuntut orang tua untuk memberi perhatian sesuai dengan porsi dan karakternya kewanitaannya. Masing masing tahapan usia juga membutuhkan fokus perhatian yang berbeda.

Karena itu, secara ringkas dan jelas menurut tumbuh kembangnya tahapan tahapan secara psikologis dari buaian hingga pelaminan.

Kenapa sampai pelaminan?
Karena kalau sudah mencapai pelaminan/ Pase berumah tangga, anak perempuan yang telah kita lahirkan itu sepenuhnya menjadi tanggung jawab suaminya.

Apa-apa yang dia kerjakan harus sepengatahuan dan ijin dari suaminya, mau memberi terhadap orangtuanya pun harus dengan ijin suaminya pula.

Jurnalis : Rosari hayati – Teddy MT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed