oleh

Siswa Siswi SMKN 1 Cimahi Ikuti Lomba Film Nasional

Cimahi, Saktimedianews.id,-
Minggu 21/02/2021. Film pendek adalah salah satu bentuk film paling simple dan paling kompleks. Secara teknis film pendek merupakan film yang memiliki durasi di bawah 50 menit.

Mengenai cara bertuturnya, film pendek memberikan kebebasan bagi para pembuat dan pemirsanya, sehingga bentuknya menjadi sangat bervariasi. Film pendek dapat saja hanya berdurasi 60 detik, yang penting ide dan pemanfaatan media komunikasinya dapat berlangsung efektif.

Pada hakikatnya film pendek bukan merupakan reduksi dari film dengan cerita panjang, atau sebagai wahana pelatihan bagi pemula yang baru masuk ke dunia perfilman. Film pendek memiliki ciri/karakteristik sendiri yang membuatnya berbeda dengan film cerita panjang, bukan karena sempit dalam pemaknaan atau pembuatannya lebih mudah serta anggaran yang minim.

Tapi karena film pendek memberikan ruang gerak ekspresi yang lebih leluasa untuk para pemainnya.

Film pendek memiliki peran dan manfaat sebagai wadah mengekspresikan pembuatnya, wadah eksplorasi sineas, dan sebagai tempat jejaring komunitas film pendek.

Rini Evilianti siswa kelas XI SMKN 1 Cimahi jurusan Produksi Film dan Program Televisi ( PFPT ) menyutradarai sebuah Film pendek yang berjudul “Merdeka untuk Bapak “

Menurut Reni, “Film ini mengangkat tema Merdeka dari sudut pandang yang berbeda,merdekanya itu bukan merdeka dari jajahan tetapi merdeka diri kitanya apakah kita sudah punya kebebasan dari pekerjaan, segi kehidupan apakah sudah tercukupi kebutuhannya atau engga..jadi segi merdekanya dari situ,” ujarnya saat diwawancara Jurnalis Saktimedianews.id Minggu malam 21/02/2021.

“Hari ini kita mengambil beberapa take adegan untuk melengkapi projek film pendek yang merupakan kolaborasi kerja bareng dua production house yaitu Phosphenous production dan Incognited production ,film ini dibuat untuk mengikuti lomba film nasional,” sambung gadis cantik berhijab ini.

Film pendek ” Merdeka untuk Bapak” ini bukan karya pertama yang disutradarai Rini, belum lama ini karyanya sudah menjuarai festival film pendek yang diadakan di jurusan Sekolahnya.

Reni berharap di event lomba film nasional ini menjadi sebuah pengalaman,
“Mudah mudahan menjadi pengalaman yang berharga karena ini merupakan pertama kalinya kami mengikuti lomba tingkat nasional dan sekalipun kita nanti menang ini adalah bonus dan kami berharap akan terus berkarya walaupun banyak hambatan ,kita akan tetap produktif apalagi kami sebagai pelajar semangatnya lagi menggebu-gebu jadi kita harus bisa memanfaatkan potensi yang ada saat ini,” pungkasnya.

Jurnalis : Fendy – Cimahi

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed