oleh

Kampung Wisata Cikole Gede Jadi Sumber SDM

KBB, Saktimedianews.id,-
Selasa, 23 Februari 2021. Kampung Wisata Cikole Gede merupakan lahan wisata yang nantinya akan menjadi sumber SDM bagi masyarakat Cikole, bisa dibuktikan dengan antusias warga masyarakat Cikole berswadaya ikut serta dalam pembersihan atau pembabadan rumput di sekitar area ini.

Lukman Gumilar selaku ketua kelompok dibidang perhutanan sosial memaparkan sebagai warga menginginkan tatanan kepemerintahan yang ada di daerah maupun dipusat untuk memperhatikan kegiatan masyarakat diperhutanan sosial ini, dengan harapan dalam pasca turunnya Surat Keputusan ( SK ) dari Kementrian Kehutananm,” imbuhnya.

“Masyarakat menginginkan SK segera diluncurkan dikarenakan warga masyarakat Cikole akan menjadi pelaku terdepan dibandingkan dengan para infestor infestor lainnya yang ada diwilayah kami. Syukur Alhamdulillah kelompok kami yang disebut KUPS atau KTH dari pada perhutanan ini disebut Kelompok Sangkur Hiang Pajajaran, masyarakat ternyata sudah mampu didalam suatu bidang diantaranya bidang wisata, budaya, peternakan ataupun pertanian,” tambahnya.

“Soni Purwanda sebagai tugas pendamping dari Kopya Perhutanan sosial Jawa barat menambahkan saya sebagai pendamping dari kelompok masyarakat seputar kawasan hutan sosial desa Cikole, bahwa semua kelengkapan yang diperuntukan untuk terbitnya SK hanya tinggal menunggu waktu. Untuk penataan bisa dijalankan asal dengan catatan tidak melakukan perusakan hutan, tidak mengambil ahli fungsi dan tidak melakukan kegiatan yang dilarang dikawasan hutan sosial,” paparnya.

Andi Suryandi selaku pendamping dan dari pokya juga menambahkan bawasannya undang-undang dari negara yang dikeluarkan untuk legalitas masyarakat menggali potensi masyarakat kawasan hutan, sudah hal positif dan sangat bagus sekali tinggal masyarakat menta’ati undang-undang yang berlaku dan masyarakat pun mempunyai badan hukum untuk melakukan kegiatan ini.

Jurnalis : Like

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed