oleh

Peringatan WCD 2021 di Desa Gunungsari – Sadananya Jadikan Momen Gotong-Royong Bersih Bersih Lingkungan

Ciamis, Saktimedianews.id-
Peringati World Clesn Up Day hari bersih bersih se-Dunia, Kades Gunungsari laksanakan kunjungan serta ikut bersih bersih dengan warga.

Salah satu tempat yang dikunjungi adalah Bank Sampah Rejeki Ngampar di Dusun Cimatomas, di Dusun ini pula, Eman Kepala Desa Gunungsari Kecamatan Sadananya ikut nimrung dengan warga yang sedang melalsanakan bersih bersih jalan.

Dalam kunjungan tersebut, turut hadir pula Kasie Trantib dan staf dari Kecamatan Sadananya, Kepala Dusun dan kepengurusan Bank sampah Rejeki Ngampar. Sabtu, 18/9/2021.

Eman selaku Kepala Desa Gunungsari menuturkan rasa apresiasinya terhadap kesiapan masyarakat dalam rangka melaksanakan program Pemerintah terkait bersih-bersih lingkungan atau World Clean Up Day tahun 2021 mulai dari Dusun Desa hingga ke Dusun Cikatomas tepatnya di Bank sampah rejeki ngampar 1.

Peringatan WCD ini masyarakat melaksanakan bersih bersih baik itu dirumah ataupun di lingkungan.

”Saya berharap kedepannya sesuai dengan program yang kita laksanakan terutama dengan adanya Bank sampah untuk memilah sampah organik dan anorganik serta setiap hari Jum’at melaksanakan rutinitas bersih bersih lingkungan,” harapnya.

Sementara itu, Maman Direktur Bank Sampah Rejeki Ngampar 1 mengatakan, ”Bank Sampah rejeki ngampar 1 yang lahir pada 5 Oktober 2019 tahun lalu ini dahirkan bersama Mahasiswa Unigal yang saat itu melaksanakan KKN di Desa Gunungsari,” ujarnya.

Adapun kepengurusannya melibatkan para ibu-ibu warga setempat untuk memilih dan memilah sampah organik dan anorganik dan kerasan.

‘Disamping itu, dari hasil memilah, sampah yang didapat setiap kali pengangkutan berkisar 400-500 kg/ bulannya tergantung sampah yang di titipkan di Bank sampahnya,” ucapnya.

”Dengan adanya Bank sampah ini bisa meningkatkan perekonomian warga serta menjadikan lingkungan yang bersih dan sehat,” tandasnya.

Jurnalis: Dodi S

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed