oleh

Sangat Unik, Motif Batik Virus Corona Dari Banyuwangi

Saktimedianews.id, Banyuwangi – Selain mempertahankan motif klasik, perajin batik di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur terus berkreasi menciptakan motif yang kekinian. Seperti berkreasi dengan batik motif virus Corona.

Seperti yang dilakukan Fitriyah (45), pengusaha rumah produksi batik Mertosari asal Desa Balak, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur ini membuat dan memasarkan batik motif Corona. Meski tidak lazim, batik dengan motif ini tetap diminati masyarakat.

Fitriyah yang membatik sejak 2015 lalu, juga berkreasi dengan mengangkat ciri khas lokal Kecamatan Songgon. Kecamatan di bawah kaki Gunung Raung ini terkenal dengan penghasil buah durian, sejarah, hingga budayanya.

“Saya melihat peluang, tentang apa yang belum ada di kecamatan Songgon ini. Karena saya sendiri tidak ingin memiliki usaha yang latah, atau meniru orang lain,” kata Fitriyah Saat diwawancarai TIMESIndonesia, Sabtu (2/10/2021).

Dengan dibantu oleh 6 orang karyawan, kini usaha produksi batik yang sudah dilakoni selama 6 tahun itu bisa meraup omzet hingga Rp 30 Juta setiap bulan. Bahkan batik yang Ia produksi sudah merambah pasar nasional hingga mancanegara.

“Kalau batik saya itu sudah dipasarkan ke Kalimantan, Papua, hingga Sumatera. Pernah juga kita kirim ke Malaysia, Kanada sampai Jerman,” paparnya.

Red

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed