oleh

Demi Transparansi, Pemilihan Ketua RT Di Kabupaten Tasikmalaya Dipilih Secara Langsung

Bandung, saktimedianews.id, – Pemilihan Ketua RT.02 di RW.04 Kaum Kaler Desa Ciawi Kecamatan Ciawi Kabupaten Tasikmalaya berlangsung meriah, pemilihan dari 2 calon Ketua RT itu di selenggarakan secara langsung usai shalat magrib demi jalanya transparasi, Sabtu (16/10/21).

Antusiasme warga terlihat sebelum pemilihan berlangsung, takala sejumlah warga antri di TPS. Adapun para petugas mulai dari panitia hingga saksipun sudah siap melayani warga yang datang untuk memilih ketua RT yang baru.

Dari 2 peserta calon Ketua RT diantaranya adalah Bangga Munggaran sebagai Calon Nomor urut (1) dan Wawan Setiawan sebagai Calon Nomor urut (2). Warga menyambut baik pelaksanaan Pemilihan Ketua RT tersebut, apalagi mengadopsi sistem pemilihan langsung.

Layaknya proses pencoblosan, warga yang membawa undangan datang kemudian mendaftarkan diri terlebih dahulu untuk mendapatkan kartu suara. Setelah itu mereka menuju bilik suara dan mencoblos 2 kandidat ketua RT yang ada. Kemudian, kartu suara tersebut dimasukan ke dalam kotak suara yang dijaga oleh petugas.

Menurut Ketua Panitia Sandy Kurniawan, “Pelaksanaan Pemilihan Ketua RT.02 di RW.04 ini untuk mengisi kekosongan Ketua RT lama yang telah meninggal dunia beberapa waktu lalu, sehingga adanya desakan dari warga untuk memilih Ketua RT yang baru dengan anggaran ala kadar nya”, ujar Sandy Kurniawan.

Antusiasme warga berbuah postif, hasil pemilihan Ketua RT.02 di RW.04 dimenangkan oleh Calon No 2 yaitu Wawan Setiawan, dengan memperoleh 27 suara, sementara Calon No 1 Bangga Munggaran memperoleh 14 suara. Meskipun yang punya Hak Pilih hanya Kepala Keluarga sebanyak 46 orang, namun yang hadir hanya 41 Kepala Keluarga.

Uniknya setelah acara tersebut berakhir, diadakan acara ngaliwet bersama antara kedua Calon Kandidat dengan warga, mereka tetap bersatu, tanpa perbedaan dalam proses pasca pemilihan yang diselenggarakan secara langsung, Sabtu (16/10/21).

Jurnalis : Engkus

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed