oleh

Bupati Ciamis Hadiri Aniversary Ke-3 Komunitas Pelindung dan Apresiasi Atas Kepeduliannya Terhadap Lingkungan

Ciamis, Saktimedianews.id,- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya menghadiri acara Aniversary Komunitas Pelindung yang ke-3 yang dilaksanakan di Dusun Pasirlaja, Desa Lumbungsari, Kecamatan Lumbung, Kab. Ciamis, Sabtu dan Minggu (27-28/11/2021).

Dalam kehadiran acara tersebut, Herdiat Sunarya ikut menandatangani prasasti nota kesepahaman delapan (8) Desa se-Kecamatan Lumbung untuk berkomitmen melestarikan lingkungan hidup yang dilandasi kesadaran, proaktif dan berkelanjutan.

Dalam sambutannya, Herdiat Sunarya mengapresiasi kepada Komunitas Pelindung yang telah memprakarsai kegiatan ini dan melaksanakan kegiatan ulang tahun yang ke-3.

“Bahagia sekali hari ini bisa berkumpul bersama Komunitas Peduli Lingkungan dan Gunung, mudah-mudahan bisa lebih solid, bisa lebih aktif lagi terutama dalam melestarikan hutan-hutan kita, karena biar bagaimanapun hutan adalah sumber penghidupan kita semua”, ujarnya.

Herdiat juga menjelaskan, sebagai contohnya di Kalimantan pada akhir-akhir ini beberapa puluh kecamatan dan ratusan desa yang terendam banjir, padahal 10 atau 20 tahun yang lalu Kalimantan tidak pernah banjir. Karena kekayaan alam khususnya pohon kayu sudah hampir habis karena penebangan besar-besaran sehingga hutan sebagai resapan air sudah tidak berfungsi.

“Saya bahagia sekali, ternyata di Kabupaten Ciamis yang peduli terhadap lingkungan sangat banyak, sangat antusias dan satu-satunya Kabupaten yang mengusulkan hutan Gunung Sawal sebagai hutan konservasi, hutan konservasi yang terzonasi jadi sebagian besar 8600 hektar itu menjadi hutan konservasi. Tetapi masyarakat di sekitar juga harus menerima manfaat dari hutan itu”, jelasnya.

Herdiat mengajak kepada masyarakat secara bersama-sama memelihara hutan dan merawatnya juga.

“Insya Allah kita jaga hutan, hutan juga akan jaga kita, yakin itu!”, pungkasnya.

Dods

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed