oleh

Silaturahim dan Dialog Kebangsaan dengan Forkopimda, Tokoh Masyarakat dan Tokoh Agama dalam rangka Pencegahan Faham Radikal Terorisme di Kabupaten Bandung

Kab. Bandung, SaktiMediaNews.id- Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) mengajak Pemerintah Kabupaten Bandung untuk bersinergi dalam rangka pengembangan Kawasan Khusus Terpadu Nusantara (KKTN) untuk program deradikalisasi eks napi terorisme (napiter), Kamis, 13/01/2022.

 

Kawasan Khusus Terpadu Nusantara tersebut rencananya akan dikembangkan dengan mencakup sejumlah aspek, yakni deradikalisasi, ekonomi dan pariwisata.

Menurut BNPT, adanya kawasan terpadu untuk eks napiter tersebut juga dinilai efektif untuk untuk proses deradikalisasi.

Hal tersebut dikarenakan setelah mantan napiter keluar dari lembaga pemasyarakatan, mereka bisa mendapatkan pembinaan lanjutan.

 

KKTN dinilai ampuh dalam menurunkan aksi teror di Indonesia lewat peningkatan kesejahteraan sebagai bentuk soft approach penanggulangan terorisme dengan pemerataan pembangunan dan transformasi nasional. Diharapkan keberhasilan pendirian KKTN ini nantinya akan menciptakan perubahan mindset dan kemandirian masyarakat.

 

KKTN bertujuan memacu kemajuan pembangunan dan perekonomian daerah yang pada akhirnya diharapkan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat (kemandirian) sehingga dapat meminimalisasi gerakan radikal terorisme

 

Di KKTN, yang dibangun ekonomi, edukasi dan dibidang wisata atau tourism.

 

Kedepan, Bupati Bandung bersepakat untuk membuat Peratutan Daerah, karena bagaimanapun regulasi ini penting sebagai acuan dalam melaksanakan langkah-langkah selanjutnya.

 

Peran RT, dan RW sangat besar dalam upaya pencegahan munculnya gerakan radikal dan terorisme ini.

Bupati sudah meningkatkan insentif RT dan RW, maka Bupati berharap pengurus RT dan RW harus menjadi ujung tombak dalam mendeteksi berbagai kerawanan sosial sejak dini, dan mengawasi lingkungan, 1×24 jam tamu wajib lapor.

 

Mari bersinergi bersama tutup Bupati.

Menuju Bandung Bedas.

 

Jurnalis : Rosari Hayati – Teddy MT

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed