oleh

Formacib Dukung Pengelolaan Alih Fungsi Situ Ciburuy Demi Desa Wisata

Kab. Bandung Barat, saktimedianews.id, – Forum Masyarakat Ciburuy (Formacib) minta Pemerintah Provinsi Jawa Barat segera realisasikan pengelolaan alih fungsi Situ Ciburuy ke Pemkab Bandung Barat demi dorong desa wisata, Jum’at (11/03/22).

Sebelumnya Dinas Pariwisata dan Budaya (Disparbud) Kabupaten Bandung Barat meminta Pemerintah Provinsi Jawa Barat untuk pengelolaan Situ Cibiruy Kecamatan Padalarang bisa dikola oleh pemerintah daerah.

Sejauh yang diketahui, objek wisata Situ Ciburuy hingga kini masih dikelola Pemprov Jabar, sehingga Formacib mendukung upaya Disparbud Bandung Barat dalam permohonanya terkait pengelolaan objek wisata tersebut.

Ketua Forum Masyarakat Ciburuy (Formacib) Ir. Agus AJ mengatakan objek wisata Situ Ciburuy itu hingga kini masih dikelola oleh Pemprov Jabar karena lahan itu masih di bawah pengelolaan pemerintah provinsi.

“Melihat potensi Situ Ciburuy, kedepannya dapat dibangun dan dikelola oleh pemerintah daerah secara bertahap untuk menjadikan Desa Ciburuy sebagai Desa Wisata”, ujar AJ di lokasi wisata Situ Ciburuy, Jum’at (11/03/22).

AJ mengatakan, pihaknya akan mengupayakan Situ Ciburuy bisa dikelola Pemda KBB karena nantinya bisa menguntungkan pemerintah daerah, apalagi secara teritorial wilayahnya ada di KBB, sehingga bisa lebih memudahkan dalam pengawasan dan pengelolaannya.

Selain itu, kata AJ, jika Situ Ciburuy bisa dikelola oleh Pemda KBB, nantinya akan menambah peningkatan ekonomi masyarakat di sekitar Desa Ciburuy, “Jadi kalau pengelolaan Situ Ciburuy transisi ke KBB, maka akan menambah objek wisata yang dikelola Pemda yang imbasnya bisa meningkatkan PAD,” katanya.

Kendati hal itu, Formacib akan melihat peluang terkait pengelolaan wisata Situ Ciburuy secara penuh, apalagi objek wisata tersebut sudah dibenahi oleh Pemprov Jabar sehingga dapat menambah nilai jual dan citra Situ Ciburuy yang lebih baik dari tahun sebelumnya.

“Saya tentu saja berharap dari kenginan pengelolaan Situ Ciburuy ini bisa terealisasi, sehingga bisa meningkatkan panorama wisata di KBB dan menjadi ikon baru di kawasan Padalarang,” ucap AJ.

 

 

Jurnalis : Armanda

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.