2 Cara Mengganti Username Twitter Lewat HP dan PC, Laptop

Saktimedianews.id – Twitter termasuk salah satu media sosial yang sudah lama sekali beroperasi dan memulai debutnya ketika penggunaan internet mulai meluas di dunia. Meskipun termasuk pemain lama, masih banyak pengguna yang masih bingung bagaimana cara mengganti username Twitter.

Ada banyak sekali alasan kenapa banyak orang yang tidak tahu cara mengganti username akun Twitter. Contohnya karena kamu tidak pernah mengganti username sama sekali sejak pertama kali membuat akun Twitter.

Alasan lainnya mungkin juga karena kamu termasuk merupakan pengguna baru. Sehingga masih butuh mempelajari lebih banyak lagi fungsi dan kegunaan fitur-fitur yang ada di dalam media sosial Twitter.

Cara Mengganti Username Twitter

Cara Mengganti Username Twitter

Jika kamu adalah orang yang sering mengotak-atik fitur-fitur di dalam Twitter, biasanya akan tahu dengan sendirinya cara penggantian usernamenya. Namun tidak banyak orang yang punya kebiasaan mengotak-atik.

Sehingga membutuhkan penjelasan yang lebih rinci mengenai fungsi dari sebuah fitur seperti fitur ganti username. Di dalam akun Twitter, username ini sangat penting sekali untuk menunjukkan siapa identitas kamu sebenarnya.

Dengan username ini kamu juga bisa menyembunyikan identitas kamu yang asli sehingga menjaga privasi biar lebih ketat lagi. Sementara untuk cara mengganti username Twitter sejauh ini bisa dilakukan pada dua perangkat yaitu dari HP dan juga laptop untuk versi website.

Kedua cara ini memiliki proses tahapan yang berbeda-beda. Karena kalau di HP akan cenderung menggunakan aplikasi Twitter maupun Twitter Lite. Untuk lebih jelasnya, berikut ini cara mengganti username akun Twitter:

1. Ganti Lewat HP

Ganti Lewat HP

Ganti username Twitter lewat HP ini mungkin bisa menjadi salah satu yang paling banyak dicari orang-orang. Sebab memang kebanyakan orang-orang mungkin termasuk kamu, lebih sering mengakses Twitter dari HP dibandingkan laptop.

Dengan menggunakan HP, kamu bisa mengakses dan membuka Twitter kapan saja di mana saja. Sehingga bisa tahu informasi paling baru dengan cepat tanpa harus membuka laptop dulu. Walaupun kamu juga bisa membuka Twitter di HP versi website.

Namun biasanya kinerjanya berbeda dan tidak selancar ketika menggunakan HP untuk mengakses Twitter. Berikut ini cara ganti usernamenya:

  • Proses penggantian username yang pertama kali harus kamu lakukan adalah mendownload aplikasi Twitter.
  • Untuk mendownload dan menginstal aplikasinya bisa kamu lakukan lewat “Play Store” dan cari saja aplikasi “Twitter” atau bisa juga “Twitter Lite”.
  • Tunggu sampai proses pemasangan aplikasinya selesai.
  • Saat sudah mulai selesai, bisa operasikan dan jalankan aplikasi Twitter tersebut di HP kamu.
  • Berikutnya lakukan proses login menggunakan email atau yang lain dan kata sandinya.
  • Selanjutnya tunggu sampai Beranda atau halaman Home dari akun Twitter kamu ditampilkan secara utuh dan tidak ada lagi loading memuat.
  • Kalau sudah, bisa mulai tekan tombol “Profil” yang ada di bagian kiri paling atas pojok.
  • Setelah itu kamu akan melihat beberapa opsi menu yang muncul. Bisa cari dan pilih pada opsi menu tulisan “Pengaturan dan privasi” yang biasanya ada di bagian paling bawah dengan simbol gerigi.
  • Kemudian kalau sudah masuk, bisa cari dan temukan tulisan menu “Akun” dan pilih saja.
  • Nah berikutnya kamu akan bisa melihat beberapa pengaturan akun di sana. Untuk cara penggantian username bisa kamu lakukan dengan menekan tombol “Username” atau “Akun Pengguna”, biasanya ada di pilihan paling atas sendiri.
  • Lalu kamu akan melihat dua kolom yang berisi username, yang atas username lama dan ketik username baru di kolom yang bawah.
  • Ketik sesuka hati kamu dan pastikan di sampingnya nanti sudah muncul tanda centang warna hijau sebagai konfirmasi username kamu diterima.
  • Jika yang muncul justru simbol silang warna merah, gantilah username tersebut atau bisa tambahkan huruf yang sama. Karena Twitter mendeteksi username itu sudah ada yang menggunakannya.
  • Terakhir tinggal tekan tombol “Selesai” yang ada di bagian paling bawah.
  • Sekarang username Twitter kamu sudah berubah.

2. Ganti Lewat Laptop

Ganti Lewat Laptop

Untuk beberapa orang pada kondisi tertentu lebih memilih menggunakan laptop dibandingkan HP untuk mengakses Twitter.

Tentunya ada beberapa penyebab mengapa lebih menggunakan laptop seperti karena bosan mengakses lewat HP, bisa juga karena HP sedang dicharge.

Tampilan Twitter versi website yang diakses lewat laptop juga sangat berbeda sekali jika kamu bandingkan dengan Twitter yang diakses menggunakan HP dalam versi aplikasi. Sehingga cara mengganti username Twitter juga berbeda kalau kamu pakai laptop.

Untuk lebih jelasnya lagi, berikut caranya:

  • Pertama kamu bisa siapkan laptop yang akan kamu gunakan untuk mengakses Twitter.
  • Setelah itu di bagian kolom url, bisa ketik saja situs dari Twitter atau bisa juga mengetik Twitter di kolom pencarian Google. Nanti tinggal pilih hasil pencarian yang paling atas.
  • Berikutnya lakukanlah proses login dengan menggunakan email, username atau pun nomor HP kamu beserta dengan kata sandinya.
  • Kemudian kamu akan masuk ke Beranda halaman Twitter tapi tunggu sampai dimuat secara sempurna biar tidak ada yang error.
  • Jika halaman Beranda sudah selesai dimuat, proses ganti username bisa dimulai dengan memilih tombol menu tulisan “Selengkapnya” yang ada di bagian tab kiri Beranda Twitter.
  • Setelah itu biasanya akan muncul beberapa opsi menu dan carilah “Pengaturan dan privasi”.
  • Selanjutnya kamu tinggal memilih lagi opsi menu yang tulisannya “Akun” yang ada di bagian paling atas.
  • Lalu pilihlah lagi menu tulisan “Nama Pengguna” untuk mengganti username.
  • Masukkanlah beberapa huruf sebagai username kamu yang unik dan menarik. Pastikan juga kalau pada kolom username itu sudah bertanda centang hijau sebagai tanda username diizinkan dan bisa kamu gunakan.
  • Terakhir tinggal tekan tombol “Selesai”.

Ketentuan Mengganti Username Twitter

Ketentuan Mengganti Username Twitter

Meskipun terkesan sangat bebas dan bisa membuat username apa saja, pihak Twitter tetap memberlakukan beberapa aturan dalam penggunaan username. Agar kamu lebih mudah mengganti username, maka perlu tahu beberapa ketentuan username yang diberlakukan oleh pihak Twitter.

1. Berikut beberapa ketentuannya:

  • Kamu bisa mengganti username dengan karakter huruf dan angka secara bebas dan unik. Bahkan jika tidak membuat username sendiri, pihak Twitter akan memberikan username acak menggunakan huruf dan angka.
  • Buatlah username yang unik dan berbeda dari yang lain. Karena jika sampai sama, maka sistem Twitter akan menolaknya. Keunikan bisa kamu buat dengan memperbanyak huruf tertentu atau menambahkan angka.
  • Tambahkan simbol underscore dan juga titik untuk membuat nama kamu jadi unik dan beda. Ini juga bisa jadi solusi ketika username kamu dideteksi sama dengan orang lain.
  • Username yang kamu buat maksimal berjumlah 15 karakter dan minimal sebanyak 5 karakter.
  • Untuk mempermudah proses seleksi dari sistem, jangan lupa menghindari kata-kata yang ada hubungannya dengan “Admin” atau pun “Twitter”. Jadi buatlah username yang benar-benar pribadi.

Cara mengganti username Twitter terbilang sangat mudah sekali. Bagian yang paling penting adalah kamu harus menyiapkan username apa yang akan digunakan nantinya. Selain itu juga selalu menyiapkan username cadangan jika sistem Twitter menolaknya karena sama dengan orang lain.