Bonthok Setumbo, Tempat Yang Damai Untuk Menyaksikan Matahari Terbit

Ada banyak tempat wisata menarik di sekitar Magelang, salah satu favorit saya adalah Bonthok Setumbo. Destinasi wisata ini menjadi viral setelah digunakan untuk syuting film Ada Apa dengan Cinta 2 (AADC 2).

Penasaran apa yang membuat Bonthok Setumbo begitu diminati wisatawan? Jadi bagaimana Anda sampai ke sana? Baca pembahasan selengkapnya di artikel ini.

Daya tarik utama Punthuk Setumbu adalah Anda bisa melihat matahari terbit dari atas bukit. Apalagi lokasi Bonthok Setumbo yang menghadap langsung pegunungan dan Candi Borobudur akan membuat Anda terkesima dengan keindahan alam Magelang.

Maka tak heran jika banyak wisatawan lokal maupun mancanegara berbondong-bondong datang ke Bontoc Setumbo saat hari masih gelap. Karena mereka tidak ingin melewatkan momen ajaib matahari terbit.

Indahnya pemandangan pagi hari di Bonthok Setumbo membuat objek wisata ini mendapat julukan “Borobudur Sunrise Nirwana”. Ah iya. Dari puncak Bonthok Setumbo, wisatawan bisa menyaksikan keindahan Gunung Merapi dan Gereja Ayam yang juga sempat masuk dalam film AADC 2.

Namun untuk mencapai Bontoc Setumbo, penjelajah harus melewati jalur yang sulit sehingga membutuhkan tenaga tambahan. Oleh karena itu, sebaiknya membawa makanan dan minuman sendiri dari rumah. Namun, jika tidak membawa perbekalan sendiri, banyak penjual makanan di sepanjang jalan.

Seiring banyaknya kunjungan wisatawan domestik dan mancanegara, fasilitas umum Bontoc Setumbo telah dimodernisasi untuk memberikan kenyamanan dan kenikmatan kepada wisatawan. Berbagai fasilitas umum tersedia, antara lain toilet, musala, dan tempat parkir.

Usai menyaksikan indahnya matahari terbit di Bonthok Setumbo, Anda bisa mengisi perut dengan mampir di beberapa warung makan sepanjang perjalanan. Di sini, para pelaku diet bisa menikmati sarapan sambil meminum kopi atau teh hangat untuk menghangatkan tubuh.

Punthuk Setumbu terletak di Desa Kurahan, Desa Karangrejo, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Meski berada di tengah hutan, Punthuk Setumbu sangat mudah dijangkau dengan mobil atau sepeda motor.

Dilihat dari Google Maps, jika traveler memulai dari Yogyakarta, jarak yang ditempuh sekitar 45 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 30 menit dengan mobil. Dimulai dari Magelang, jaraknya sekitar 22 km dengan waktu tempuh sekitar 35 hingga 40 menit dengan mobil.

Mengutip dari website Visit Central Java, Punthuk Setumbu buka setiap hari mulai pukul 04:00 hingga 18:00 WIB. Disarankan untuk tiba di lokasi mulai pukul 05:00 WIB agar wisatawan tidak ketinggalan menyaksikan matahari terbit dengan pemandangan yang sangat indah.

Pengunjung Punthuk Setumbu dikenakan tiket masuk sebesar Rp20.000 untuk wisatawan domestik dan Rp50.000 untuk wisatawan mancanegara. Oh iya, biaya parkirnya Rp 3.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil.

Nah, kami ingin membahas tentang fasilitas umum yang tersedia di kawasan Bontoc Setumbo, mulai dari tempat wisata hingga harga tiket masuk. Tertarik untuk berlibur ke Punthuk Setumbu?