Harga Tiket Telaga Madirda Beserta Lokasi Dan Rutenya

Karanganyar mempunyai banyak wisata alam yang indah. Kawasan tersebut terletak di kaki Gunung Lau sehingga menjadi destinasi wisata populer bagi pengunjung.

Salah satu tempat wisata alam di Karanganyar yang bisa Anda kunjungi adalah Telaga Madirda. Danau ini terletak di ketinggian kurang lebih 1050 meter di atas permukaan laut.

Banyak aktivitas yang bisa dilakukan pengunjung di Danau Maderda, antara lain piknik, berperahu, kano, fotografi, berkemah, dan masih banyak lagi.

Diadaptasi dari makalah Eko Priono yang berjudul Strategi Meningkatkan Kunjungan Wisatawan di Kawasan Wisata Telaga Maderda Kecamatan Ngargoyoso, objek wisata ini terletak di Kecamatan Ngargoyoso, Desa Birgu, Dusun Telugu.

Di sini wisatawan bisa menikmati air danau yang jernih, udara sejuk, dan pegunungan yang indah. Bagi yang ingin berwisata ke lereng Gunung Lau bisa mengunjungi Danau Maderda sebagai alternatif destinasi wisata bersama Teluk Tawang dan Kebun Teh Kemuning.

Telaga Madirda terletak kurang lebih 25 km dari pusat Kabupaten Karanganyar. Waktu tempuh kurang lebih 45 menit. Meski jalannya agak terjal dan memiliki tanjakan yang tinggi, namun untuk menuju Danau Maderda sangatlah mudah.

Wisatawan harus menggunakan kendaraan bertenaga di lereng. Selain itu, karena tidak ada angkutan umum, disarankan untuk menggunakan mobil sendiri.

Dalam makalah yang diterbitkan Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), disebutkan bahwa tarif masuk Danau Madida pada tahun 2022 adalah Rp 10.000. Namun, banyak situs perjalanan menawarkan informasi berbeda.

Salah satu website menyebutkan bahwa tiket masuk Danau Madirda adalah Rp 15.000. Anak-anak dengan tinggi badan di bawah 110cm tidak dikenakan biaya. Bahkan untuk wisatawan, tarif sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000.

Jika wisatawan ingin naik kano, dikenakan biaya Rp 20.000 per 15 menit. Ada juga pengalaman perahu bebek yang bisa Anda rasakan dengan harga yang sama. Jika anda ingin camping biayanya sekitar Rp 100.000 hingga 400.000 tergantung jenis paket camping yang anda pilih.

Padahal, Danau Maderda merupakan sumber air yang dimanfaatkan warga sekitar untuk berbagai keperluan. Danau ini memiliki enam mata air alami dengan air yang mengalir terus menerus.

Pemandangan di sekitar danau begitu indah sehingga danau ini kemudian dijadikan tempat wisata alam. Telaga Madirda juga menawarkan berbagai fasilitas untuk menunjang aktivitas dan aktivitas wisata. Berikut daftar fasilitas yang ada di Danau Madirda:

Jam operasional Telaga Madirda adalah pukul 08:00 – 16:30 WIB pada hari kerja dan pukul 08:00 – 17:00 WIB pada akhir pekan. Namun bagi pengunjung yang ingin berkemah dapat melakukan check in pada pukul 15:00-21:00 WIB.

Dengan kata lain, lokasi wisata ini dibuka hingga malam hari hanya untuk para camping saja. Pengunjung yang tidak berkemah harus kembali ke rumah pada akhir waktu tur.

Bagi Anda yang ingin berwisata ke Telaga Madirda, berikut beberapa tips berkunjung yang perlu diperhatikan sebagai referensi tambahan:

Demikianlah informasi mengenai Danau Maderda, jadi jika anda ingin berwisata pastikan untuk mengupdate informasinya terlebih dahulu. Tertarik mengunjungi tempat ini?