oleh

Grup Calung “OLOHOK” Binaan RSC (Rumah Seni Cimahi) Melakukan Latihan di Sekretariat RSC

Cimahi, Saktimedianews.id – Suasana meriah tampak dalam sesi latihan Grup Calung “Olohok” dibawah binaan Rumah Seni Cimahi (RSC) bertempat di Jalan Pasantren no.129 C Sabtu (18/07//2020).

Menurut Ketua RSC, latihan yang dilaksanakan setiap malam Rabu dan malam Minggu. Pada kesempatan latihan Calung ini,tampil pula Duo terompet yang salah satunya masih anak-anak.

Pemain terompet yang sudah remaja bernama Ilham dan yang masih anak-anak bernama Jaenal.

Sungguh suatu nuansa tradisional Sunda yang kental, jika para remaja yang lain sibuk dengan gadgetnya sementara Jaenal lebih memilih berlatih terompet sebagai alat musik warisan nenek moyang.

Dalam kolaborasi harmonis antara Calung dan Terompet sangat terasa akan suasana jaman dulu ketika Seni musik ini berada pada puncaknya,beberapa lagu dibawakan oleh personil Grup Calung “Calawak”.

Tampak Hadir dalam sesi latihan diantaranya Owner PT.Sakti Berjaya Media, Ketua RW 16 Kelurahan Cibabat, Pembina RSC serta Ketua RSC.

Acara yang dimulai sekitar pukul 19.30 WIB,dibuka dengan lagu-lagu Maestro Calung H.Darso (alm), selanjutnya lagu-lagu Ciptaan Dari Grup Calung “OLOHOK”, mengalir seiring merayapnya waktu menuju malam.

Sekitar Pukul 22.00 WIB, Sesi latihan tersebut, kedatangan dua orang anak remaja yang merupakan peniup terompet tradisional, Ilham dan Jaenal maka dimulailah Kolaborasi calung dengan terompet sampai akhir sesi latihan sekitar Pukul 23.00 WIB.

Ketua RW 16 Kelurahan Cibabat, menyampaikan Apresiasinya dengan adanya latihan di Sekretatiat RSC ini.

“Dalam latihan ini merupakan salah satu upaya untuk melestarikan Seni budaya, khususnya budaya Sunda, secaraPribadi saya berterimakasih kepada Kang Ega selaku Pembina RSC, yang telah menyediakan tempatnya untuk latihan seni, ungkapnya.

“Saya selaku RW sangat mendukung penuh kegiatan yang bertujuan melestarikan seni dan budaya sunda ini. Saya berharap kegiatan ini bisa menggali potensi seni budaya yang ada di wilayah RW 16 Kelurahan Cibabat. Sebetulnya potensi seni yang ada di wilayah RW 16 ini banyak, semoga dengan adanya sesi latihan yang dilaksanakan terjadwal seperti malam ini,bisa menggairahkan potensi seni yang ada di wilayah RW 16 Kelurahan Cibabat ini,” terangnya Kepada awak Saktimedinews.id.

Sementara Kang Ega Selaku Pembina RSC sekaligus pemilik tempat Latihan Calung malanlm ini Menerangkan “Ini adalah cita-cita dan impian saya, yakni ingin mengembangkan seni budaya Sunda agar deni dan budaya yang ada di wilayah RW 16 Kelurahan Cibabat ini tidak hilang tergeser oleh Kebudayaan Asing,” ungkap Ega

“Saya mengajak kepada para pelaku seni kita gali potensi seni budaya Sunda yang ada di tiap wilayah agar terjaga fan lestari sehingga dapat dikenal oleh anak,cucu kita kelak,” pungkas Kang Ega, pembina Rumah Seni Cimahi.

Jurnalis : Usep/Nde Owet/zaenuri/Dede

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed