oleh

Twibbon Ultah Kota Cimahi Dan Sejarah Panjangnya

Cimahi, Saktimedianews.id,-
Cimahi genap berusia 20 Tahun. Semenjak otonomi di Bulan Juni 2001 dan ditetapkan pada tanggal 21 Juni sebagai hari ulang tahunnya. Secara Administratif Kota ini resmi memisahkan diri dari Kabupaten Bandung pada tanggal 29 Januari 1976 dan menjadi Kota Administratif.

Cimahi yang diambil dari serapan bahasa sunda yang berarti, “Cai” dan “Mahi” mengandung makna “Airnya Cukup“. Walau saat ini terasa pada musim kemarau banyak daerah di Cimahi yang kekeringan. Terlebih dari pihak pengelola air yang terkadang kurang maksimal dalam pengelolaan airnya sehingga banyak para konsumen yang akhirnya mengeluh dan mendatangi kantor untuk menanyakan perihal air yang tak kunjung datang.

Kota ini merupakan salah satu kota bersejarah. Terutama dari segi militer. Karena banyak sekali tangsi-tangsi militer yang terpusat di kota ini. Dahulu memang Pasukan Belanda mendirikan banyak sekali markas dan tempat pendidikan militer di kota ini. Bahkan dulu sempat ada pelatihan dan markas pasukan berkuda (Kavaleri).

Plt Walikota Letkol (Purn) Ngatiyana seringkali menjelaskan dalam pidatonya bahwa Cimahi ini terbagi menjadi 3 bagian, diantaranya 35% Militer, 35% Pabrik dan sisanya penduduk. Oleh karena itu pantaslah bila Cimahi dijuluki sebagai kota Militer.

Terlepas dari sejarah panjang di Kota ini. 20 tahun Cimahi telah menunjukan eksistensinya. Berbagai kisah suka dan duka mewarnai kota ini. Saat pandemi ini merupakan cobaan yang berat dan harus kita bersama hadapi sebagai penduduk kota kecil ini.

Hadapi semua dengan ikhtiar terbaik serta Doa terlantun. Semoga pandemi ini dapat segera berakhir tentunya dengan kita sebagai masyarakat Kota Cimahi dapat memaksimalkan Protokol kesehatan kita dan mengikuti anjuran pemerintah.

Untuk kalian yang ingin menempelkan fotonya sebagai tanda syukur atas 20 tahun Kota Cimahi disini jurnalis saktimedianews.id memberikan linknya silahkan; https://www.twibbonize.com/hut20kotacimahi?slide=2

Jurnalis: Dikky

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed