oleh

Destinasi Kuliner Wajib di Tepi Danau Situ Ciburuy

Kab. Bandung Barat, saktimedianews.id, – Warung Jajanan Formacib (WAJIB) hadirkan nuansa kulineran tepi danau di situ cibiruy yang terletak di Kampung Sadang tepatnya Tumaritis Desa Ciburuy Kecamatan Padalarang kini menjadi destinasi kuliner yang memanjakan mata, Rabu (09/03/22).

Wajib adalah wisata penunjang kuliner yang tengah dan sudah di bangun oleh masyarakat Desa Ciburuy dalam wadah Forum Masyarakat Ciburuy (Formacib) yang tengah melalui proses berbadan hukum sejak 2013.

Sedangkan pembangunanya baru dilaksanakan pada 2021 yang mana dengan di bangunya beberapa warung itu bisa meramaikan suasana destinasi wisata di Desa Ciburuy dan serta meningkatkan ekonomi masyarakat pasca pandemi covid-19.

Menempati sempadan situ ciburuy sepanjang 250 m x 15 m yang sebelumnya berbukit kecil dan penuh ditumbuhi ilalang juga rumput, gulmator sekarang sempadan situ ciburuy terlihat nyaman dan sedap dipandang yang mana keberadaan warung jajanan formacib layak untuk di datangi pengunjung.

Pengunjung yang sekedar melepas lelah dan istirahat dengan sajian jajanan lokal yang di jual dengan harga terjangkau ditambah sarana kreativitas pengunjung seperti musik box untuk bernyanyi diluar ruangan sembari menikmati view danau situ cibiruy.

Warung sebanyak 12 jongko yang diperuntukan bagi anggota Formacib dan menjual beraneka ragam makanan khas sunda menjadi daya tarik tersendiri yang khususnya bisa melengkapi sebagai destinasi wisata kuliner dengan pesona alam yang tenang.

Disamping itu, warung warung utama yang baru selesai di bangun oleh Pemerintah Provinsi yang sampai saat berita ini di turunkan belum diserah terimakan dari pihak pelaksana pembangunan kepada Dinas Pariwisata Provinsi dalam program revitalisasi situ ciburuy.

Warung jajanan formacib terletak di belakang arah kampung sadang RT 001 RW 017 Desa Ciburuyi, warung ini dibuat oleh masyarakat dalam hal ini formacib yang kedepanya akan dibuat wadah Koperasi dan UMKM sehingga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat sekitar.

Sementara untuk pengelolaan parkir, keamanan juga penanganan sampah yang akan dihasilkan dari keberadaan warung itu dikelola oleh karang taruna setempat sudah berjalan sehingga akan mengurangi kembali pengangguran di lokasi wisata tersebut.

Masyarakat mengapresiasi upaya Formacib dengan salah satunya keberadaan wajib atau Warung Jajanan Formacib yang di harapkan bermanfaat bagi masyarakat seiring berjalanya waktu.

Para pengunjung Wajib tentu harga jual makanan yang hegenis dan murah cukup dibanderol dengan Rp.15.000,- sehingga pihak pengelola dalam hal ini mengharuskan kepada para penjual untuk memasang dartar menu dan harga agar memudahkan pengunjung untuk dilayani.

Lebih penting lagi, yang tidak kalah heboh seperti tahun sebelumnya di wisata ciburuy terdapat hidangan khas sunda dengan sebutan lotek karedok situ ciburuy termahal di dunia sehingga dengan adanya campur tangan dan pengawasan dari pihak pemerintah setempat Wajib menjadi soko ekonomi masyarakat Desa Ciburuy.***(AJ).

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.